Daftar Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia

Sudah diketahui banyak orang, pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam terbaik, terkenal dan sangat sudah populer di kalangan masyarakat Islam di Indonesia.

Pondok pesantren ini sudah berdiri sejak lama di Indonesia bahkan sebelum lembaga pendidikin modern ada.

Tak lain berdirinya pesantren sejak masuknya ajaran Islam ke tanah Indonesia yang dahulu dibawa oleh para da’i, mubaligh, wali dari luar negeri.

Menurut sejarah yang beredar, pesantren untuk pertama kali didirikan oleh salah satu walisongo.

Seiring perkembangan zaman, banyak pesantren yang dulu terkenal membosankan karena dianggap ketinggalan zaman kini berubah menjadi sesuatu lembaga pendidikan islam yang modern.

Banyak pesantren kini yang sudaah melakukan inovasi dan terobosan dalam sistem pembelajaran dan segi manajemennya juga yang turut bisa meninggalkan stigma bahwa pesantren itu kuno dan tempat yang menyeramkan.

Di bawah ini, daftar pondok pesantren terbaik di Indonesia yang bisa di jadikan referensi jika kelak berminat belajar di pesantren.

Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan

Di urutan pertama terdapat pondok pesantren Sidogori di Pasuruan yang menjadi salah satu pesantren terbaik di Indonesia.

Banyak hal yang mempengaruhi terpilihnya pesantren ini menjadi pesantren terbaik di Indonesia yang menempati peringkat pertama, salah satu perimbangannya adalah sebagai berikut.

  • Pesantren ini merupakan salah satu pesantren tertua di Indonesa yang masih eksis dan terus berkembang.
  • Di zaman modern ini, pesantren ini tetap berani mempertahankan sistem pendidikan salaf murni yang mengkaji ilmu agama, walaupun demikian hebatnya pesantren ini berhasil mempertahankan jumlah santri yang terbilang cukup banyak, yaitu sekitar puluhan ribu santri putra dan putri.
  • Terkenal sebagai pesantren yang berhasil mandiri secara finansial berkat berbagai bisnis yang dibangun oleh yayasan pesantren seperti waralaba minimarket (Mart) yang bernama Koperasi Sidogiri, lembaga keuangan yang bernama BMT (baitul Mal Wat Tamwil), serta masih banyak usaha lainnya.

Faktor penting lainnya yang menjadikan Ponpes Sidogori ini menjadi pesantren terbaik di Indonesia adalah karena komitmen para pengurus ponpes Sidogiri yang tetap mempertahankan sistem pendidikan Madrasah Diniyah (MD) sampai tingkat Ma’had Ali (Universitas) yang bernama Tarbiyatul Mu’alimin.

Selain itu pesantren ini sering mengirim guru tugas ke berbagai daerah di Indonesia serta luasnya jaringan alumni pesantren ini.

Pondok Pesantren Langitan Tuban

Pondok pesantren Langitan berdiri pada tahun 1852. Ponpes ini adalah pesantren yang sangat berpengaruh di daerah Surabaya ke arah barat menjangkau kabupaten Bojonegoro, Gresik, Cepu, Tuban serta Lamongan.

Figur yang sangat mempunyai kharisma tinggi di pesantren ini adalah adalah KH Abdullah Faqih yang turut berkiprah di kancah politik Nasional. Hal inilah yang menambah dikenalnya pesantren Langitan ini.

Di zaman serba modern ini, ponpes langitan patut mendapatkan apresiasi karna kemampuannya untuk tetap mempertahankan sistem pendidikannya yaitu sistem salaf namun di sisi tetap terus bertumbuh dan berkembang mengikuti kemajuan teknologi.

READ  Kedudukan Ilmu Tauhid dan Keutamaan Mempelajarinya

Pondok Modern Gontor

Pondok ini merupakan pelopor dan inovator pembuat pesantren modern yang terinspirasi oleh Sir Syed Ahmad Khan founder Aligarh Muslim University di India yang melakukan modernisasi pendidikan Islam.

Dahulu ponpes ini bernama Ponpes Darussalam Gontor, dan setelah dirubah namanya menjadi Pondok Modern Gontor yang membuat pesantren ini menjadi institusi pendidikan Islam yang sering ditempati oleh masyarakat Islam perkotaan yang dulu enggan belajar di pondok pesantren karena terkesan tua.

Pondok pesantren modern Gontor mempunyai ciri khas tersendiri yatu memiliki kedisiplinan yang tinggi, pembiasaan dalam mengucap bahasa Arab dan Inggris yang sering digunakan dalam bahasa sehari-hari serta kerapian mengenakan pakaian yang selalu memakai dasi saat bersekolah, dan masih banyak yang lainnya.

Pondok pesantren ini juga merupakan pelopor pesantren yang mengenakan biaya mahal dan tinggi bagi para santrinya.

Hal ini merupakan gebrakan baru dan tidak lazim dilakukan oleh pesantren khususnya pesantren salaf. Akan tetapi bagi para wali santri kelas menengah atas, mereka rela membayarnya asalkan sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.

Namun sistem pondok modern ini juga mempunyai beberapa kekurangan, yakni kemampuan para santrinya yang kurang menguasai literatur Islam klasik yang biasa dikenal dengan kitab gundul atau kitab kuning.

Selain itu, etika sopan santun santri pesantren modern agak berbeda dengan santri pesantren salaf.

Di sini pun para santri belajar tentang kisah hijrah Nabi Muhammad serta sejarah perkembangan agama Islam di Eropa.

Secara keseluruhan, sistem yang dipakai di Pondok Modern Gontor berjalan dengan baik dan sangat sukses.

Karena kesuksesannya tersebut, sistem yang dipakai di Pondok Modern Gontor ini menciptakan tren baru dikalangan pesantren-pesantren di Indonesia.

Saat ini banyak pesantren-pesantren yang sering menyebut dirinya “Modern” menjiplak atpa yang telah dilakukan gontor dengan memakai beberapa modifikasi.

Pondok Pesantren Tebuireng Jombang

Pendiri pesantren Tebuireng yaitu Kyai Hasyim Asy’ari dikenal sebagai sosok ulama kharismatik sekaligus pendiri organisasi Ulama (NU) pada tahun 1926.

Hal inilah yang turut membuat pesantren ini terkenal di masyarakat. Selain itu cucu pendiri pesantren ini yaitu KH Abdurrahman alias Gusdur menjadi presiden RI ke empat dan yang pertama berasal dari kalangan santri.

Ponpes Tebuireng dari sisi sitem pendidikan tidak mempertahankan sistem salaf seperti halnya yang dilakukan oleh Pesantren Sidogiri atau Langitan, juga pesantren ini tidak menganut suatu sistem yang inovatif seperti halnya Gontor.

Walaupun demikian, pondok pesantren Tebuireng tetap bisa eksis dengan memakai sistem pendidikan akomodatif yaitu sistem pendidikan normal dan memakai sedikit pendidikan diniyah.

Pondok Pesantren Al-Khairaat Palu

Pesantren Al-Khairaat adalah pesantren paling berpengaruh dan terpopuler di luar Jawa khususnya di Sulawesi dan kawasan Indonesia Timur.

Selain itu pesantren ini juga didirikan dan di asuh oleh seorang habib.

Pesantren ini memiliki banyak cabang yang tersebar di kawasan Indonesia Timur, Apabila ditotal jumlah santri pesantren ini mencapai angka puluhan ribu santri.

Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Madura

Pondok pesantren ini termasuk dari lima pesantren tertua di Indonesia. Didirikan oleh Kyai Itsbat pada tahun 1978.

Dari dulu sampai sekarang pesantren ini terus berkembang dengan pesat dan tidak ketinggalan zaman.

READ  Doa Ibu Hamil dan Melahirkan yang Patut Diamalkan

Di kawasan Madura khususnya kabupaten Pamekasan, pesantren ini memiliki pengaruh yang besar. Adapun sistem pendidikan di pesantren Banyuanyar memakai sistem kombinasi modern dan salaf.

Penguasaan kitab kuning tetap dipelihara namun pendidikan normal yang sesuai dengan kurikulum pemerintah juga dilakukan untuk memenuhi tantangan serta perkembangan zaman.

Oleh karenanya, jangan heran banyak alumni pesantren ini yang menjadi tokoh berpengaruh di masyarakat.

Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo

Bisa dikatakan ponpes ini merupakan pesantren paling lengkap sarana pendidikan formalnya tentu selain pendidikan agama tentunya.

Pesantren ini mempunyai lembaga pendidikan dari TK sampai perguruan tinggi dengan berbagai jurusan baik di bidang sains seperti kesehatan (STIKES) dan teknologi informasi (STT Nurul Jadid).

Selain itu, di pesantren ini juga tersedia ma’had aly, madrasah diniyah dan tahfidz Al-Quran, sehingga pesantren ini cocok bagi para orang tua yang ingin mengirimkan putra putrinya ke pesantren yang mempunyai berbagai jurusan.

Pondok Pesantren Musthofawiyah Sumut

Pesantren ini merupakan pesantren tertua berdiri tahun 1912 yang berada di Sumatera Utara, selain itu pesantren ini juga merupakan pesantren terbaik dan terpopuler di Sumatera Utara.

Tidak sedikit para lulusan santri yang melanjutkan studi ke luar negeri, selain itu banyak juga alumni lulusan ini yang menjadi tokoh berpengaruh di lokal maupun nasional.

Nama lain dari pesantren ini adalah pesantren Purba Baru. Sistem pendidikan di pesantren ini memakai kombinasi dari sistem salaf dan modern.

Karena adanya kombinasi ini, menjadikan di pesantren ini memiliki sistem pendidikan formal dan masih mempelajari kitab kuning.

Pesantren Buntet Cirebon

Pesantren ini menjadi salah satu pesantren tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1785. Selain itu pesantren ini sangat terkenal di Jawa Barat dan menjadi pelopor pesantren lain di provinsi Jawa barat, DKI Jakarta dan Banten.

Tidak sedikit dari pengasuh pesantren di ketiga provinsi tersebut yang merupakan alumni dari Pesantren Butet. Oleh sebab itu, pesantren ini pantas di sebut sebagai salah satu pesantren terbaik dan paling berpengaruh di Indonesia.

Sistem pendidikan di pesantren ini memakai sistem kombinasi antara modern dan salaf.

Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang

Ponpes ini terbilang mempunyai usia yang masih muda Jika di bandingkan dengan pesantren lain yang berada dalam 10 pesantren terbaik, yakni berdiri tahun 1963.

Yang menjadi pembeda dari pesantren ini dengan pesantren yang lain adalahi semua sant kemampuannya membuat satu paket pendidikan yang holistik untuk para santri.

Adapun sistem pendidikan yang dipakai oleh pesantren Al-Khoirot merupakan kombinasi dari empat jenis pola yaitu pendidikan madrasah diniyah, pendidikan formal, pendidikan bahasa Arab moderserta kajian kitab kuning atau gundul tingkat menengah.

Keempat kegiatan pendidikan ini merupakan aktit utma yang harus dilakukan oleh para santri, sehingga ketika lulus nanti selain mendapatkan ijazah juga memiliki kemampuan bahasa arab yang lancar dan menguasai kitab kuning.

Selain itu di sini juga diadakan program tambahan contohnya Tahfidzul Quran.

Demikian daftar pondok pesantren terbaik di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin belajar di pesantren favoritmu.

*Mohon dikoreksi jika ada data yang salah

Add Comment