4 Perbedaan Menggambar dan Melukis yang Paling Mendasar

Di posting kali ini, aku akan membahas tentang gambar dan lukisan. Soalnya, aku sendiri juga tertarik dengan dua hal tersebut, tapi bila ditanya apa yang paling aku suka dan mana yang aku bisa, pastinya aku jawab menggambar.

Terkadang aku suka bingung juga tentang dua hal tersebut, yaitu tentang perbedaan antara menggambar dan melukis.

Sempat ragu juga akan pendapatku sendiri tentang dua hal tersebut. Maklum, soalnya aku tidak pernah mengambil kursus ataupun sekolah khusus seni, jadi masih cukup awam dengan dua hal tersebut meskipun setiap sering terdengar.

Dari pada aku bertanya-tanya dalam diri sendiri dan tak mungkin aku dapatkan jawabannya, akhirnya kuputuskan untuk browsing ke tempat mbah Google dan akhirnya aku mendapatkan jawabannya. Ternyata, ada beberapa perbedaan yang paling mendasar antara menggambar dan melukis, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Perbedaan secara umum

Cat air untuk lukisan
kimiakarbonblog.wordpress.com

Melukis menggunakan media yang lebih cair, misalkan cat air, minyak, akrilik dan lain-lain. Serta menggunakan kuas sebagai alat untuk menggambar.

Alat untuk menggambar
cfmiami.org

Kalau menggambar, media yang digunakan cenderung lebih kering, misalnya pensil warna, pena warna dan juga krayon. Jadi, perbedaannya yang secara umum hanya dari segi media (alat) dan jenis pewarna yang digunakan.

2. Dari segi pengertian

Menggambar (drawing) merupakan kegiatan membentuk sebuah imajinasi, dengan menggunakan banyak pilihan alat dan teknik.

Bisa juga diartikan membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan kertas atau benda lainnya dengan cara mengolah goresan dari alat yang digunakan.

Kebanyakan karya dari menggambar merupakan sebuah hasil representasi dari ingatan atau imajinasi seorang yang ahli menggambar dengan secara spontan.

Subjeknya pun bisa berupa tampilan realistis yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari (potret) dan bisa juga setengah realistis seperti halnya karya-karya sketsa atau yang hanya mementingkan gaya gambar seperti kartun, karikatur, atau gambar abstrak.

Melukis (Painting) merupakan kegiatan mengolah medium dua dimensi ataupun tiga dimensi dengan tujuan untuk mendapatkan kesan tertentu.

READ  3 Cara Mudah Melukis Wajah yang Bisa Dilakukan Oleh Siapapun

Medium lukisan pun bisa dalam bentuk apa saja, seperti kanvas, papan, kertas, dinsing dan bahkan film dalam fotografi bisa dianggap juga sebagai media lukisan.

Jadi, lukisan adalah bentuk karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan cara memoleskan cat dengan berbagai macam warna atau gradasi menggunakan alat khusus lukis seperti kuas lukis, pisau palet dan peralatan lainnya.

Seni menggambar dan melukis sama-sama cabang dari aktifitas “Seni Rupa”. Pada intinya, kedua hal ini memang serupa tapi tak sama walaupun hanya dengan sedikit perbedaan, biasanya hasil akhir yang bisa membedakan antara gambar atau lukisan.

3. Tahapan

tahapan melukis dan menggambar
minimalwall.com

Proses menggambar dan melukis juga hampir tidak ada perbedaan. Ada tahap persiapannya (ide/tema), lalu dilanjutkan dengan proses pembuatan rancangan dan yang terakhir adalah proses penyelesaian (pembentukan objek dan pemberian warna serta dengan unsur-unsurnya).

4. Metode/Teknik

mindflash.com
mindflash.com

Dari segi teknik menggambar dan melukis, secara umum ada dua yaitu, teknik manual (dengan goresan tangan) dan juga teknik digital (Menggunakan program khusus gambar di PC atau laptop).

Contoh beberapa software yang bisa kamu gunakan untuk menggambar digital diantaranya adalah, Adobe Photoshop, Photoscape, Picasa, Adobe Illustrator, Microsoft Pain, Paint Shop Pro, Corel Painter, Microsoft Expression, Inkscape, Pixia, Kolourpaint, The GIMP, OpenCanvas dan Inkscape.

Add Comment