3 Cara Mudah Melukis Wajah yang Bisa Dilakukan Oleh Siapapun

Melukis wajah menggunakan pensil itu sebenarnya gampang-gampang susah. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat garis bantu, guna mempermudah kamu dalam proses melukis. Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita simak tutorial berikut ini.

Sebelum melakukan proses melukis, tolong persiapkan dulu peralatannya. Yaitu pensil dan kertas untuk menggambar tentunya.

1. Metode pertama, menggambar wajah wanita menggunakan gambar dasar oval.

1

Bentuk wajah itu tidak sepenuhnya bulat. Maka dari itu, buatlah sketsa dengan bentuk oval, tetapi untuk bagian bawahnya kamu buat lebih runcing dibandingkan dengan yang atas.

2

Cara paling gampang yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara memetakan bentuk oval yang sudah kita buat tadi menjadi empat bagian menggunakan garis bantu. (lihat gambar di atas).

4

Setelah kita membuat garis bantu (no.2), kemudian kita buat lagi dua garis di bawahnya sebagai garis bantu untuk menempatkan posisi hidung dan mulut.

5

Setelah selesai menggambar hidung dan mulut. Di bagian garis horizontal yang paling atas kita buat dua buah lingkaran sebagai tempat untuk kita menggambar mata nantinya.

6

Untuk bagian setengah lingkaran yang atas kita gunakan sebagai tempat untuk kita menggambar alis, sedangkan yang bagian bawah kita gunakan sebagai tulang pipi.

7

Agar ukuran mata yang kita buat sama besar, kita bisa menggunakan gambar bantu (seperti yang nampak pada gambar di atas)

8

Kalau merasa ukuran kedua mata sudah sama besarnya. Saatnya untuk membuat bagian bola mata (perhatikan gambar di atas).

9

Setelah itu tambahkan satu buah lingkaran lagi (lihat gambar di atas). Gambar tambahan tersebut akan kita gunakan sebagai kelopak mata.

10

Untuk lebih mempertegas batas antara hidung dan rongga mata, kita tambahan bayangan hitam (lihat gambar di atas). Ini juga bisa membuat gambar lebih terlihat hidup.

11

Selanjutnya kita akan membuat telinga. Pastikan bahwa bagian bawah telinga sejajar dengan bagian bawah hidung, sedangkan untuk bagian atas telinga pastikan sejajar dengan alis mata. Selain itu, pastikan juga bahwa gambar telinga yang kamu buat menempel dengar dasar wajah.

READ  4 Perbedaan Menggambar dan Melukis yang Paling Mendasar
12

Saat kita membuat gambar rambut, pastikan untuk yang posisinya sejajar dengan hidung kamu arahkan keluar (lihat gambar).

13

Jangan berpikir bahwa ukuran leher itu kecil, jika kamu berpikir seperti itu. Maka gambar kamu akan nampak buruk sekali. Untuk membuat leher kamu buat dari titik pertemuan antara garis horizontal yang paling bawah dengan bagian bawah wajah.

14

Setelah tahap-tahap di atas selesai kita buat. Kini saatnya untuk mempertegas bentuk gambar, berikan bayangan disekitar bibir, hidung dan mata. Semakin kamu mempertegas bayangan tersebut, gambar kamu akan nampak semakin tua.

15

Kamu juga bisa menambahkan dress sesuai dengan keinginan kamu.

16

Kalau udah selesai semua, kita bisa menghapus garis bantu yang sudah kita buat tadi agar gambar kita terlihat nyata dan hidup.

2. Metode kedua, menggambar wajah pria menggunakan gambar dasar bulat.

17

Pertama, tama, kita buat gambar lingkaran (lihat gambar di atas)

18

Setelah itu, buat gambar garis vertikal mulai dari atas sampai bawah (lihat gambar). Garis ini bermaksud untuk menegaskan bahwa gambar yang akan kita buat tersebut menghadap ke depan.

19

Kemudian buat garis untuk menentukan bentuk pipi, dagu dan juga rahang.

20

Selanjutnya buat sketsa untuk menentukan panjang, lebar serta menentukan di mana letak mata, hidung, telinga dan mulut. *lihat gambar di atas

21

Setelah itu buat sketsa tampilan dari mata. alis, hidung, telinga dan juga mulut. *lihat gambar di atas.

22

Kalau sudah, sekarang saatnya membuat sketsa detail rambut dan garis leher. *lihat gambar di atas.

23

Setelah selesai membuat sketsa rambut dan leher. Sekarang saatnya membuat garis halus di sekitar area wajah dengan menggunakan pensil yang ujungnya runcing. Tahap ini bertujuan untuk mempertegas gambar, menetukan highlights gambar agar terlihat lebih hidup.

24

Setelah itu, kita perjelas lagi bagian-bagian yang penting, misalkan mata, alis, hidung, telinga dan mulut menggunakan pensil yang ujungnya agak tebal. Kamu bisa menggunakan pensil ukuran 0.8 pada tahap ini.

25

Jika semua bentuk wajah beserta komposisinya udah selesai kita buat. Saatnya untuk menghapus garis bantu yang kita buat tadi menggunakan penghapus.

READ  4 Perbedaan Menggambar dan Melukis yang Paling Mendasar
26

Kalau gambar udah bersih dari garis yang tak terpakai, sekarang kamu bisa mewarnainya sesuai dengan selera.

27

Atau kamu juga bisa menambahkan bayangan, agar gambar terlihat lebih hidup. *lihat gambar di atas.

3. Metode ketiga, menggambar bentuk wajah sesuai dengan keinginan

29

Pertama, buatlah gambar kepala dengan bentuk yang kamu inginkan. Kamu bisa menggambarnya dengan bentuk oval, bulat, persegi dan lain sebagainya.

30

Step kedua ini sama seperti, step-step pada metode yang sebelumnya. Buatlah garis bantu untuk menetukan letak hidung, mata, mulut dan telinga.

31

Setelah itu buatlah garis bantu untuk menentukan ukuran dari mata, hidung, mulut, dan telinga yang akan kita buat nantinya.

32

Selanjutnya, buat sketsa bentuk mata, hidung, mulut dan telinga. *lihat gambar di atas.

33

Selanjutnya tambahkan detil rambut. Untuk model rambut bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu, tak harus berpatokan dengan gambar di atas.

34

Selanjutnya gunakan pensil yang ujungnya runcing untuk menambahkan detil halus di area sekitar mata, mulut, hidung, dan telinga. Dalam tahap ini kamu bisa menggunakan pensil ukuran 0.5.

35

Selanjutnya tambahkan bentuk alis menggunakan pensil yang ujungnya agak besar, kamu bisa menggunakan pensil ukuran 0.8 dalam tahap ini.

36

Selanjutnya bersihkan semua garis bantu ataupun garis-garis lain yang terpakai menggunakan penghapus.

37

Tahap terakhir, kamu bisa memberikan warna pada rambut, mata, dan bagian lainnya menggunakan pensil warna. Kalau dalam tahap ini sifatnya lebih opsional, bisa kamu praktekan, bisa juga tidak.

Tapi, kalau ingin hasil yang lebih menarik, aku sarankan untuk mewarnainya.

Sekian, tutorial tentang cara membuat gambar wajah menggunakan pensil. semoga bermanfaat, jangan lupa baca artikel yang lainnya juga.

Buat kamu para pecinta anime, berikut kita punya tutorial cara menggambar anime dengan mudah untuk kamu yang masih pemula.

*semua gambar bersumber dari wikihow.com

Add Comment