Cara Merawat Kelinci Anggora dengan Benar

Cara Merawat Kelinci Anggora – Saat ini rupanya banyak orang yang sedang tertarik untuk mulai memelihara binatang cantik yang sangat lucu dan menggemaskan yaitu kelinci jenis anggora.

Kelinci dengan bulu cantik dan tebal ini merupakan hewan yang sangat ringkih sehingga apabila tidak dirawat dan dipelihara dengan baik maka kelinci tersebut akan mudah mati. Agar anda tidak kecewa mendapatkan kelinci hewan kesayangan anda mati maka anda harus merawatnya dengan baik.

Bagi anda yang masih pemula dalam memelihara kelinci anggora serta belum tahu bagaimana cara untuk merawat kelinci anggora dengan baik, maka anda tidak perlu panik sebab pada ulasan kali ini akan membahas penuh mengenai cara merawat kelinci anggora.

Bagi anda yang sudah penasaran maka langsung saja simak ulasan yang ada di bawah ini.

Kandang Kelinci

Untuk hal pertama yang harus diperhatikan adalah masalah kandang. Kandang kelinci haruslah bersih dan juga harus terkena sinar matahari secara langsung kemudian terjaga kelembabanya dan sirkulasi udara dalam kandang harus berjalan dengan baik.

Dapat juga dengan menggunakan bambu sebagai landasan atau pijakan dasar untuk kandang kelinci tersebut. Jika tidak ada maka dapat juga dengan menggunakan papan yang diberi lubang untuk dapat membuang kotoran kelinci secara langsung.

Untuk ukuran kandang sebaiknya disesuaikan dengan ukuran yang sangat tepat yaitu sekitar 50 x 50 cm minimalnya untuk setiap ekor kelinci. Dapat juga dengan dibuat melebar atau memanjang namun disekat dengan ukuran tersebut.

Untuk lokasi tempat makannya sendiri dapat anda buatkan agar tidak mudah terinjak oleh kelinci. Jika kelinci sedang beranak maka siapkanlah kandang sendiri yang ukurannya lebih luas dan beri juga kotak berukuran kecil yang nantinya digunakan untuk meletakkan rumput kering sehingga kelinci akan terasa hangat serta nyaman.

Makanan Kelinci

Kemudian hal kedua yang harus diperhatikan juga adalah perihal makanan kelinci. Anda dapat memberikan kelinci makanan sayur hijau-hijauan seperti rumput lapangan dan rumput gajah.

Untuk sayur-mayur seperti kangkung, sawi, kol, daun turi, kacang panjang, daun kacang dan untuk biji-bijian dapat berupa kacang hijau, jagung, padi, kacang tanah, sorghum dan lain sebagainya.

READ  Jenis Penyakit Pada Kelinci dan Cara Mengatasinya

Disarankan untuk memberi makan rumput dalam kondisi layu kecuali jika kelinci makan sendiri secara lepas dilingkungan berumput. Tidak disarankan untuk mencuci rumput atau sayur yang akan diberikan pada kelinci supaya kadar air yang ada didalam rumput atau sayur tersebut tetap rendah.

Kelinci juga dapat diberikan makanan seperti ubi jalar, bungkil kelapa, bekatul atau dedak, dan lain sebagainya. Jangan memberikan kelinci dengan satu jenis makanan saja agar kelinci peliharaan anda tersebut tidak manja. Jika dilakukan maka hal tersebut akan membuat kelinci menjadi susah mengonsumsi makanan lainnya.

Waktu yang tepat untuk memberikan makan kelinci yaitu pada jam 6 sore dan jam 7 pagi. Untuk siang hari dapat juga diberi makanan secukupnya. Disarankan agar kelinci tidak berada pada tempat yang becek dan juga lembab agar kelinci anggora anda tidak mudah terserang penyakit kulit.

Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari cara merawat kelinci anggora. Kini bagi anda yang sedang memiliki peliharaan hewan kelinci jenis anggora maka tidak perlu khawatir lagi sebab ulasan diatas dapat dijadikan sebagai panduan tepat untuk memelihara hewan cantik yang satu ini. Oleh sebab itu saat ini anda dapat memelihara dan merawat kelinci anggora dengan tepat.

Cara Merawat Bulu Kelinci Anggora

Mempunyai kelinci hias anggora yang berbulu lebat dan halus tentu menyenangkan dan bisa menjadi kebanggan tersendiri bagi pemliknya. Kelinci anggora yang berbulu panjang dan halus memiliki harga jual yang tinggi di pasaran.

Tapi banyak juga pemula yang baru memelihara kelinci hias anggora ternyata bulunya malah kusut dan gimbal karena kurang begitu tahu bagaimana cara merawat bulu kelinci anggora. Bulu yang kusut dan gimbal menandakan kelinci anggora Anda tidak terawat dan bisa menimbulkan penyakit.

Beberapa tips dalam merawat dan menjaga bulu kelinci anggora supaya tetap halus diantaranya:

  • Jaga kebersihan kandang kelinci setiap hari. Kandang harus tetap kering dan mendapat sinar matahari.
  • Jangan letakkan kelinci anggora di tempat yang lembab dan basah karena bisa menyebabkan bulu kelinci anggora menjadi kotor dan kusut.
  • Sisir bulu kelinci dengan sisi khusus kelinci secara teratur, minimal 2 kali dalam sehari. Gunakan sisir yang memiliki kerapatan berbeda, sesuaikan dengan ukuran kelinci anggora.
  • Lakukan blow up, yaitu meniup bulu kelinci dengan menggunakan blower. Apabila tidak ada blower, bisa menggunakan hair dryer yang dingin. Untuk mendapatkan bulu yang bagus, lakukan penyisiran terlebih dahulu, baru kemudian di blow up.
  • Jauhkan kelinci anggora dari tempat yang terlalu panas karena bisa membuat bulunya mudah rontok. Lingkungan tempat kelinci anggora harus memiliki suhu yang sedang.
  • Berikan kelinci anggora makanan yang banyak mengandung vitamin E, bisa berupa pelet ataupun sayur-sayuran.
  • Apabila kelinci hias anggora terlihat begitu kotor, cobalah bawa ke salon khusus kelinci untuk dibersihkan.
READ  Cara Ternak Kelinci yang Mudah dan Menghasilkan

Cara Memandikan Kelinci Anggora

Kelinci anggora dengan bulunya yang panjang dan halus lebih mudah kotor apalagi kelinci anggora yang berwarna putih. Bulu yang kotor bisa menyebabkan berbagai penyakit pada kelinci. Oleh karena itu, kelinci anggora harus selalu terjaga kebersihannya.

Kelinci anggora yang kotor sebaiknya dimandikan dengan cara yang benar. Kelinci anggora boleh dimandikan ketika usianya sudah berumur 2 bulan.

Anak kelinci anggora yang umurnya masih dibawah 2 bulan, jika ada yang kotor cukup semprotkan air ke bagian yang kotor kemudian dilap dengan tisu sampai bersih, jangan dimandikan.

Alat-alat yang diperlukan untuk memandikan kelinci anggora diantaranya: sisir rambut, hair dryer, handuk, ember, sampo bayi dan air hangat.

Tips cara memandikan kelinci anggora yang benar:

  • Siapkan dua ember air hangat, kira-kira hangat suam kuku.
  • Sebelum dimandikan, tutup telinga kelinci dengan kapas agar tidak kemasukan air.
  • Masukkan kelinci ke dalam ember dan basahi secara merata.
  • Oleskan sampo bayi ke tubuh kelinci anggora kecuali area disekitar mata.
  • Masukkan kelinci ke ember yang satunya untuk dibilas, kemduian angkat dan diberi handuk.
  • Keringkan tubuh dan bulu-bulu kelinci dengan menggunakan hair dryer.
  • Sisir bulu kelinci supaya terlihat lebih rapi.
  • Masukkan kelinci anggora ke dalam kandang dan letakkan kandang di bawah sinar matahari pagi (jam 8 atau 9) agar kelinci terasa hangat.

Add Comment