Cara Memandikan Kelinci dengan Baik dan Benar

Cara Memandikan Kelinci – Memiliki hewan peliharaan adalah hal yang sangat menyenangkan terlebih bagi orang yang benar-benar mencintai hewan. Ada banyak hewan yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan seperti anjing, kucing, burung, dan kelinci.

Ulasan pada kali ini akan membahas lengkap mengenai hewan peliharaan kelinci. Hewan kecil yang sangat lucu ini mempunyai bulu indah, telinga yang unik, dan mata yang bersinar. Jenis kelinci yang banyak dipelihara sebagai kelinci hias yaitu kelinci anggora.

Karena sifatnya yang lincah membuat hewan bulu ini sering terkena kotoran, debu dan lain sebagainya. Jika kotorannya tidak seberapa maka dapat dibersihkan dengan menggunakan lap halus namun apabila kotorannya sudah membandel maka kelinci harus dimandikan.

Cara memandikan kelinci hias juga tidak dapat dilakukan dengan sembarangan dan bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara memandikan kelinci hias dengan baik dan benar maka langsung saja simak ulasan yang ada di bawah ini.

Peralatan yang Diperlukan

• Bathtub atau wadah ember
• Air hangat
• Kapas
• Sampo kelinci
• Perlak bayi
• Handuk kering
• Sisir
• Hair dryer
• Cotton bud
• Bedak bayi
• Baby oil
• Cologne bayi
• Gunting kuku

Langkah-langkah Memandikan Kelinci

Tutup Telinga Kelinci

Langkah pertama yang dapat anda lakukan sebelum memandikan kelinci yaitu dengan menutup telinga kelinci dengan menggunakan kapas. Tujuannya untuk mencegah masuknya air ke dalam telinga kelinci.

Disarankan untuk tidak memasukkan kapas terlalu dalam. Masukkan kapas pada saat kelinci sedang dalam keadaan tenang dan nyaman sehingga kelinci anda tersebut tidak kaget.

Memegang Punggung Kelinci

Langkah yang kedua yaitu dengan memegang punggung kelinci secara tepat yaitu dengan cengkraman yang sangat kuat dan untuk bagian tangan yang satunya dapat mencengkeram punggung bawah atau memegang bagian ekornya.

READ  Cara Merawat Kelinci Anggora dengan Benar

Agar terhindar dari cakaran kelinci maka posisikan agar kelinci membelakangi anda. Pada saat kelinci sedang panik maka ia akan memberontak dan mencakar anda.

Masukkan Kelinci ke Dalam Bathtub

Langkah yang ketiga yaitu memasukkan kelinci ke dalam bathub atau wadah ember yang besar yang telah diisi dengan air hangat sebelumnya. Pastikan bahwa air yang digunakan tidak terlalu hangat dan pastikan juga agar air tidak masuk ke dalam telinga dan hidung kelinci.

Takaran air yang digunakan adalah kurang dari atau sama dengan tinggi kelinci. Kelinci harus dimasukkan dengan perlahan dan apabila tiba-tiba kelinci anda menjadi panik maka jangan paksa untuk memasukkannya ke dalam air. Masukkan kelinci ke dalam bathtub pada saat kondisinya sedang tenang dan nyaman.

Basuh Badan Kelinci

Langkah yang keempat yaitu membasuh badan kelinci dengan cara mengusapkan air dengan mengambil arah belakang menuju depan dan pijat perlahan agar air dapat benar-benar sampai ke kulitnya. Pembasuhan ini harus dilakukan berulang-ulang supaya proses mandinya berhasil dan badan kelinci juga menjadi sangat bersih sehingga kotoran apapun yang menempel pada badanya dan juga pada sela sela bulu dapat hilang.

Memberi Sampo

Langkah yang kelima yaitu memberikan sampo pada kelinci. Letakkan kelinci diatas perlak kemudian beri sampo pada seluruh bagian badannya dan bersihkan juga bagian anus, telinga, tapak kaki secara perlahan. Jika sudah masukkan kelinci ke dalam bathtub kembali dan basuh hingga busanya menghilang.

Setelah itu kelinci dapat diangkat lalu diberi handuk dan jika sudah kering maka dapat dirawat dengan menggunakan cotton bud untuk telinganya, baby oil untuk kakinya dan cologne bayi untuk badannya.

Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari cara memandikan kelinci hias dengan baik dan benar. Dengan adanya ulasan diatas maka saat ini anda dapat langsung mempraktekkan cara untuk memandikan kelinci hias dengan tepat dan dengan cara yang benar-benar membuat kelinci menjadi lebih bersih.

Add Comment